Contoh RPP metode suggestopedia (TEFL)
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
(De)suggestopedia
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
SMA/MAN :
SMA N 1 Lasusua
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan ke : 7 / tujuh
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi
1. Mampu
memberi atau mengucapkan salam dan memperkenalakan diri dalam bahasa Inggris
2. Mampu menggambarkan
atau mendeskribsikan tempat pariwisata di daerah mereka masing-masing.
Kompetensi Dasar
1. Merespon makna dalam percakapn (dialog) sehari-hari dalam bentuk salam dan
perkenalan diri dalam bahasa Inggris.
2. Merespon
makna yang terdapat dalam dialog sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive.
Indikator
·
Mengidentifikasi penggunaan bentuk salam
dan perkenalan diri dalam bahasa Inggris
·
Mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan teks: Descriptive.
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat mengidentifikasi penggunaan bentuk salam dan perkenalan diri dalam bahasa Inggris
·
Siswa dapat mengidentifikasi
ciri-ciri kebahasaan teks: Descriptive.
2. Materi Pokok
*Dicantumkan pada lampiran
- Metode
Pembelajaran/Teknik: (De)suggestopedia
- Langkah-langkah
Kegiatan
1.
Guru mengatur penampilan kelas: menempelkan gambar-gambar
yang bebentuk poster pemandangan Amerika Serikat untuk membuat suasana kelas
nampak lebih menyenangkan dan poster berisi penjelasan grammar (to be & pronoun). (Bentuk poster terdapat
di lampiran 1)
2.
Menggunakan bahasa Indonesia, guru memberi salam ke siswa
dan mengatakan bahwa para siswa tidak akan belajar bahasa inggris melainkan
mendapatkan pengalaman yang menarik dalam pembelajaran bahasa Inggris.
3.
Guru memperlihatkan nama-nama familiar bagi siswa yang
diambil dari negeri berbahasa Inggris dan menginformasikan ke siswa bahwa
mereka akan memilih salah satu dari nama tersebut beserta profesinya. (Contoh
nama-nama familiar terdapat pada lampiran 2)
4.
Guru diikuti siswa mempraktekan cara penyebutan setiap
nama-nama familiar tersebut.
5.
Guru menberitahukan siswa bahwa mereka akan mempunyai
identitas baru sesuai nama yang dipilh oleh siswa bersama dengan profesinya.
6.
Setiap siswa memilih salah satu dari nama –nama tersebut dan
memilih pekerjaan mereka dengan bantuan guru –yang menggunakan ‘pantomime.’
7.
Guru kemudian mengajarkan cara memberi salam ketika bertemu
dan menanyakan pekerjaan ke orang lain.
8.
Para siswa mempraktekkan cara memberi salam dan menanyakan
pekerjaan orang lain sesui yang diajarkan guru.
9.
Setelah siswa memahami cara memberi salam dan menanyakan
pekerjaan orang lain, mereka memperkenalkan diri mereka masing-masing sesuai
dengan identitas baru mereka. (Contoh dialog terdapat pada lampiran 3)
10.
Guru kemudian menceritakan ke siswa bahawa mereka akan
memulai petualangan baru dalam pembelajaran bahsa inggris dan mendistribusikan ‘hand out’
21 halaman yang berisi dialog berikut penjelasan sederhana terkait
penggunaan grammar yang terdapat pada
dialog. (Cotoh dialog terdapat pada lampiran 4)
11.
Guru menginformasikan bahwa dia akan membaca dialog tersebut
dan diikuti oleh siswa sambil mendengarkan musik klasik (guru memabaca dialog
dengan mencoba mengikuti irama dari musik).
12.
Kemudian para siswa diistirahatkan sejenak (±15 menit)
sejenak.
13.
Setelah para siswa keluar kelas, guru memasang pemandangan
alam Amerika Serikat di dinding-dinding kelas yang dapat menyejukkan hati para
siswa. (Bentuk poster terdapat di lampiran 1)
14.
Kemudian para siswa memasuki kelas.
15.
Guru menginformasikan bahwa mereka akan membaca dialog tersebut
untuk ke dua kalinya sambil mendengar musik kalsik yang berbeda dari
sebelumnya.
16.
Guru pada kali ini membaca dialog tanpa ada usaha untuk
mengikuti irama musik; pra siswa menutup ‘hand
out’ mereka. Mereka hanya mendengarkan guru.
5.
Sumber/Bahan/Alat
*Dicantumkan pada lampiran.
- Penilaian
*tak terdapat.
Mengetahui Makassar, 23 Juni 2012
Kepala Sekolah SMA … Guru
Mata Pelajaran
______________________ M.
Ahkam A
NIP. NIP.
Posting Komentar untuk "Contoh RPP metode suggestopedia (TEFL)"