Contoh RPP metode Desuggestopedia
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Desuggestopedia
Satuan Pendidikan :
Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/
Semester : X/ I
Materi :
Listening
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit
A.
Standar Kompetensi
1.
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam bentuk perkenalan diri dan pemberian salam.
2.
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam bentuk respo terhadap berita buruk.
B. Kompetensi
Dasar
1. Merespons
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional sederhana secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam bentuk perkenalan diri (introducing yourself.).
2. Merespons
makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk respon ke berita buruk.
C. Indikator
·
Mengidentifikasi
makna dari dialog introducing yourself.
·
Mengidentifikasi
cara merespon berita buruk.
D.
Tujuan Pembelajaran
·
Sisw
mampu memperkenalkan diri mereka.
·
Siswa
mampu merespon terhadap berita buruk.
E. Materi Pokok
·
Berkenalan
Getting to Know Each
Other
Iccank: it
is nice sunset, isn’t it?
Lin: yeah,
really.
Iccank: by
the way my name is Iccank Siwon Rege.
Lin: nice to meet you, I am Lin Depouse. Just call me
Lin and how should I call you?
Iccank: just
call me Iccank
Lin: and
where are you from?
Iccank: I
am from Seoul, south orea and you?
Lin: I
am from Indonesia
Iccank: what
do you do for a living?
Lin:
I am a nurse and what about you?
Iccank:
I am a teacher.
Lin: well
Iccank I have to go, see you later. Bye
Iccank: okay,
bye bye.
§ Merespon ke berita buruk (responding to bad news)
Dialogue 1
(Anita and Julia are reading a
newspaper in the library)
Anita : Look! Oh no.
Julia : What is it?
Anita : It’s about the earthquake and the
tsunami in Aceh. It’s really
terrible. The news states that at
around 8 a.m. the earthquake
shook the land of Aceh and the tsunami burst out not
long after
that. They destroyed the land 15 minutes later. More
than two
hundred thousand people died and many were missing.
Julia : It’s unbelievable.
(Anton joines them).
Anita : Hi, Anton. How are you?
Anton : Not so good.
Anita : Why? Are you sick?
Anton : No. This morning I watched TV. All the news was about the
tsunami in Aceh and North Sumatra. You know, most of
my
relatives live there.
Anita & Julia : We are really sorry to hear that.
Anton : Thanks for your concern.
F.
Metode dan Pendekatan Pembelajaran: (De)suggestopedia
G. Langkah-Langkah
Kegiatan
Langkah-Langkah
Kegiatan
|
1.
Guru mendekorasi
kelas: menempelkan gambar-gambar yang bebentuk poster yang berisi pemandangan
Inggris dengan tujuan membentuk suasana kelas nampak lebih menyenangkan.
(terdapat di lmpiran).
2.
Guru memberi salam
ke siswa dan memberitahu bahwa para siswa tidak akan belajar bahasa inggris
melainkan mendapatkan pengalaman yang menarik dalam pengajaran bahasa.
3.
Guru memperlihatkan
nama-nama artis atau pun idola lain dari negeri barat. dan menginformasikan
ke siswa bahwa mereka akan memilih salah satu dari nama tersebut beserta
profesinya. Nama-nama tersebut di cetak berwarna dan nama perempuan berbeda
kolom dengan nama laki-laki(terdapat pada lampiran)
4.
Guru diikuti siswa
mempraktekan cara penyebutan setiap nama-nama familiar tersebut.
5.
Guru menberitahukan
siswa bahwa mereka akan mempunyai identitas baru sesuai nama yang dipilh oleh
siswa bersama dengan profesinya.
6.
Setiap siswa memilih
salah satu dari nama–nama tersebut dan memilih pekerjaan mereka dengan
bantuan guru–yang menggunakan pertunjukan bisu atau pantomime.
7.
Guru kemudian
mengajarkan cara memberi memperkenalkan diri dan menanyakan pekerjaan orang
lain. (terdapat pada lampiran)
8.
Para siswa
mempraktekkan cara memperkenalkan diri dan menanyakan pekerjaan orang lain.
9.
Setelah siswa
memahami cara memperkenalkan diri dan menanyakan pekerjaan orang lain, mereka
memperkenalkan diri mereka masing-masing sesuai dengan identitas baru mereka.
10. Guru kemudian menceritakan ke siswa bahawa mereka akan
memulai petualangan baru dalam pembelajaran bahsa inggris dan
mendistribusikan ‘hand out’ 21 halaman yang berisi dialog
berikut penjelasan sederhana terkait penggunaan grammar yang terdapat pada dialog. Dialognya disertai dengan terjemahan bahasa
Indonesia untuk membuat makna percakapan jelas bersama dengan penjelasan
sederhana grammar dan vocabulary terkait
11. Guru menginformasikan bahwa dia akan membaca dialog
tersebut dan diikuti oleh siswa sambil mendengarkan musik klasik (guru
memabaca dialog dengan mencoba mengikuti irama dari musik)
12. Kemudian para siswa diistirahatkan sejenak (±15 menit)
sejenak.
13. Setelah para siswa keluar kelas, guru memasang pemandangan
alam Inggris di dinding-dinding kelas yang dapat menyejukkan hati para siswa.
14. Kemudian para siswa memasuki kelas.
15. Guru menginformasikan bahwa mereka akan membaca dialog
tersebut untuk ke dua kalinya sambil mendengar musik kalsik yang berbeda dari
sebelumnya.
16. Guru pada kali ini membaca dialog tanpa ada usaha untuk
mengikuti irama musik; pra siswa menutup ‘hand
out’ mereka. Mereka hanya mendengarkan guru.
|
H.
Sumber/ Bahan dan Alat
Contextual
Teaching and Learning Bahasa Inggris: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas
IX Edisi 4 oleh Gunarso Susilohadi.
I. Evaluasi
Tak terdapat evaluasi
J. Penilaian
Tak terdapat contoh cara penilaian
Makassar, 24 Juni 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah
SMA N 96 Guru Mata Pelajaran
Kaimuddin Ismail Marsuki,
S. Pd
NIP.
NIP.
Posting Komentar untuk "Contoh RPP metode Desuggestopedia"