Contoh Hasil Idetifikasi Masalah
Hasil Idetifikasi Masalah
Masalah Pembelajaran yang Muncul di Kelas
|
Masalah Pembelajaran yang akan diperbaiki
|
Analisis Masalah
|
Rumusan Masalah
|
1.
Siswa
masih sering ragu dan malu untuk berbicara mengugunakan bahasa inggris.
2.
Siswa
kurang motivasi untuk belajar bahasa inggris.
3.
Siswa
masih sulit menulis dalam bahasa inggris dengan baik dikarenakan kurangnya
kosakata mereka.
4.
Metode
sang guru yang menggunakan bahasa inggris lebih sebagai bahasa pembelajaran
tidak berjalan dengan baik dikarenakan siswa masih lebih sering menggunakan
bahasa inggris.
5.
Mahasiswa
masih sering kesulitan membedakan teks report
dan teks descriptive.
6.
Kosakata
siswa masih sangat kurang untuk membantu mereka memahami teks bacaan.
7.
Sulitnya
bagi mereka menulis teks berbahasa inggris dikarenakan kurangnya ide dan
penguasaan kosakata.
8.
Mereka
sering malu (takut salah) menggunakan bahasa inggris (speaking) karena kurangnya kosakata
9.
Mereka
menganggap bahasa inggris itu sulit diakenakan harus mempelajari struktur
bahasa inggris (grammar) yang
mempunyai struktur beda dengan bahasa Indonesia..
10. Mereka malas membaca (reading) dikarenakan kurangnya
kosakata mereka untuk memahami bacaan tersebut.
11. Reading
dianggap membosankan.
12. Siswa masih kekurangan pengausaan
kosa kata yang seharusnya telah didapatkan ketika masih di sekolah dasar.
13. Siswa takut berbahasa inggris (speaking).
14. Siswa masih mempunyai banyak
kesalahan dalam strukur bahasa inggris (grammar).
15. Siswa sering kesulitan dalam
menulis (writing) dikarenakan
kurangnya penguasaan kosa kata.
|
16. Siswa masih kekurangan pengausaan
kosa kata yang seharusnya telah didapatkan ketika masih di sekolah dasar.
|
Penyebab
masalah:
1.
kurangnya minat atau
motivasi siswa.
2.
Guru di tingkat SMP
tidak begitu focus dalam mengajarkan kosa kata.
3.
Guru hanya fokus ke 4
skill (speaking, reading, listening,
writing).
4.
Kurangnya waktu bagi
guru untuk memberikan kelas pengajaran vocabulary.
Alternatif pemecahan:
1.
Penggunaan metode TPR (Total Physical
Response) pada menit-menit awal (10-15
menit) dalam menyajikan kosa kata yang terkait dengan tema pembelajaran.
2.
Menyediakan teks reading pendek
setiap pertemuan untuk dibaca dan dpahami siswa 10-15 menit pada awal pembelajaraan.
3.
Penyajian kosakata dalam bentuk list (daftar) terkait dengan pembelajaran skill
setiap pertemuan..
4.
Matching game pada menit awa setiap
pertemuan.
|
Judul:
Penerapan
metode TPR (Total Phisical Response) pada penguasaan kosa kata yang terkait
dengan tema pembelajaran pada setiap
awal pertemuan (kelas) untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata
terkait materi pembelajaran yang disajikan.
Rumusan Masalah:
Apakah
penerapan TPR pada setiap menit-menit
awal (10-15 menit) dapat meningkatkan kemeampuan kosakata siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah Makassar terkait tema pembelajran setiap pertemuan?
|
Posting Komentar untuk "Contoh Hasil Idetifikasi Masalah"