Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menghadapi Tes Listening TOEFL

Sesi pertama dalam tes TOEFL yaitu tes kemampuan listening (Listening Comprehension). Sesi listening ini umumnya terdiri dari 50 soal. Kamu akan mendengar rekaman dalam bahasa Inggris dan kamu harus merespon atau menjawab soal terkait dengan rekaman tadi. Kamu harus mendengar rekaman tadi semaksimal mungkin, karena kamu hanya akan mendengar rekaman itu satu kali dan materi rekaman tadi tidak tertulis dalam buku tes. Ada tiga sesi dalam tes listening ini: PART A yang terdiri dari 30 conversation (percakapan) yang pendek, setiap percakapan diikuti dengan beberapa pertanyaan, PART B yang terdiri dari 2 conversation yang panjang dan diikuti beberapa pertanyaan, dan PART C yang terdiri dari 3 talk (seperti seorang dosen sedang menjelaskan suatu topik tertentu). 

Strategi umum yang harus diketahui dalam setiap sesi dalam tes listening TOEFL:
  1. Be familiar with the directions. Terbiasalah dengan petunjuk-petunjuk dalam mengerjakan tes TOEFL karena umumnya petunjuk dalam mengerjakan soal itu sama. Dalam tes listening akan ada petunjuk mengerjakan soal listening yang diperdengarkan melalui tap recorder sebelum tes dimulai. Olehnya, petunjuk mengerjakan soal harus diketahui secara jelas sebelum mengikuti tes. 
  2. Listen carefully to the conversations and talks. Kamu harus betul-betul berkonsentrasi terhadap apa yang dikatakan pembicara dalam rekaman karena hanya diperdengarkan satu kali.
  3. Know where the easier and more difficult questions are generally found. Perlu diketahui bahwa dalam setiap soal listening tingkat kesulitan terus meningkat dari soal ke soal. Olehnya berusahalah semaksimal mungkin menjawab soal-soal yang datangnya lebih awal.
  4. Never leave any answers blank on your answer sheet. Jangan pernah kosongkan lembar jawaban kamu. Dalam tes TOEFL tida kada penguranagn nilai walaupun jawaban kamu salah. Olehnya, ada baiknya lembar jawaban diisi saja. 
  5. Use any remaining time to look ahead at the answers to the questions that follow. Gunakanlah waktu dalam sela-sela menjawab setiap soal untuk melihat pilihan jawaban untuk pertanyaan berikutnya. Dengan melihat pilihan jawaban sebelum mendengar percakapannya paling tidak kamu akan mendapat bayangan mengenai bentuk soal yang akan muncul.
Muhammad Ahkam Arifin
Muhammad Ahkam Arifin Muhammad Ahkam Arifin is a Fulbright PhD student at Washington State University, US. He earned a master`s degree in TESOL from the University of Edinburgh & Applied Linguistics from the University of Melbourne.

Posting Komentar untuk "Tips Menghadapi Tes Listening TOEFL"