Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Future Perfect Progressive Tense


Future Perfect Progressive
Pola:
Will + have + been + V ing
Diagram:
Penggunaan:
Seperti Past Perfect Continuous sebelumnya, fungsi Future Perfect Progressive tidak jauh beda dengan Present Perfect Continuous. Adapun perbedaannya hanyalah soal waktunya saja.
1.      Menyatakan kejadian yang telah terjadi dalam beberapa waktu tertentu dan masih terus berlanjut sebelum suatu kejadian yang lain di masa yang akan datang (Simple Future).
a.       By July, they will have been building the house for a year.
(Menjelang bulan Juli, mereka telah membangun rumah itu selama 1 tahun dan masih akan terus berlanjut)
b.      By next year, I will have been publishing the newsletter for five years.
(Menjelang tahun depan, saya telah mempublikasikan surat kabar itu selama 5 tahun dan masih akan terus berlanjut)
c.       I will go to bed at ten P.M. Ed will get home at midnight. At midnight, I will have been sleeping for two hours by the time Ed gets home.
(Saya akan pergi tidur pada jam 10 malam. Ed akan tiba di rumah tengah malam. Pada tengah malam saya telah tidur selama 2 jam dan masih akan terus berlanjut sebelum Ed datang)

2.      Untuk menyatkan kejadian yang (sangat) baru selesai terjadi sebelum suatu kejadian yang lain di masa yang akan datanag (Simple Future). Bentuk ini sama dengan fungsi Future Perfect. Hanya saja bentuk Past Perfect Progressive ini untuk memberi penekanan pada lamanya kejadian.
d.      Fire Chief Brow says that in another hour they’ll put out the fire in the house. At that time, the house will have been burning for three hours.
(Kepala pemadam Brow kebakaran mengatakan bahwa satu jam selanjutnya mereka akan telah menghentikan api di dalam rumah itu. Pada waktu itu, rumah itu telah terbakar selama tiga jam)
e.       I’m getting tired of sitting in the car. Do you realize that by the time we arrive in Mexico, we will have been driving for twenty straight hours?
(Saya semakin merasa lelah duduk di dalam mobil. Sadarkah kamu menjelang kita tiba di Meksiko, kita akan telah menegemudi selama 20 jam pas?)

Perhatikan:
f.       Next year I will have worked in the company for 30 years.
g.       Next year I will have been working in the company for 30 years.
(Tahun depan, saya telah bekerja di perusahaan itu selama 30 tahun)
h.      We moved here in 1998. By next December, we will have lived here for 20 years.
i.        We moved here in 1998. By next December, we will have been living here for 20 years.
(Kami pindah di sini sejak 1998. Menjelang bulan Desember depan, kami telah tinggal di sini selama 20 tahun)
Penggunaan kata work dan live di atas dengan for/since mempunyai makna yang tidak jauh berbeda. Future Perfect Progressive (kalimat g dan i) lebih sering digunakan untuk memberi tekanan pada lamanya kejadian. Kata kerja seperti ini pada dasarnya menandakan kejadian yang terus berlanjut.Ada beberapa kata kerja yang biasa digunakan dalam konteks ini: work, wait, live, teach, learn, study, lie (berbaring), sit, stand, play, rain dll.

Perhatikan juga:
j.        Next month I will have known Derek for 20 years.
(Bulan depan saya (akan) telah mengenal Derek selama 20 tahun )
k.      Next month I will have been knowing Derek for 20 years. (Salah)
Kata know dan bentuk kata stative verb lainnya (lihat di Simple Present) tidak bisa dijadikan progressive (V ing). Sehingga dia masuk ke dalam bentuk Future Perfect Perfect.

Muhammad Ahkam Arifin
Muhammad Ahkam Arifin Muhammad Ahkam Arifin is a Fulbright PhD student at Washington State University, US. He earned a master`s degree in TESOL from the University of Edinburgh & Applied Linguistics from the University of Melbourne.