Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar STRUTCURE / GRAMMAR TOEFL 1

Skill 1: Pastikan kalimat itu mempunyai sebuah subjek dan kata kerja (Verb)

Sebuah kalimat dalam bahasa Inggris HARUS mempunyai minimal sebuah subjek dan kata kerja (Verb). Hal yang paling sering muncul di tes TOEFL bagian structure/grammar yaitu masalah subjek dan kata kerja: Bisa saja dalam sebuah kalimat kata kerjanya dihilangkan atau mungkin subjeknya, atau mungkin juga ke duanya, atau justru mempunyai subjek dan kata kerja yang berlebih.

Contoh 1:
________ was backed up for miles on the freeway.
a) Yesterday
b) In the morning
c) Traffic
d) Cars

Dari contoh di atas, terdapat sebuah kata kerja (was), tapi tidak terdapat subjek. Maka jawaban yang paling tepat yaitu c) Traffic. Jawaban a), dan b) tidak termasuk dalam kategori subjek. Ingat!!! Kata keterangan waktu seperti yesterday, in the morning dll tidak boleh menjadi subjek. Sementara jawaban d) juga salah karena cars berbentuk jamak sehingga tidak sesuai dengan kata kerja was (tunggal). Silahkan klik di sini untuk belajar mengenai hal ini lebih jauh. 

Contoh 2:
Engineers _____ for work on the new space program.
a) necessary
b) are needed
c) hopefully
d) next month

Kalimat di atas sudah mempunyai subjek (enggineer), hanya saja tidak mempunyai kata kerja. Olehnya yang dibutuhkan untuk mengisi jawabannya yaitu sebuah kata kerja. Dari ke empat jawaban yang tersedia hanya satu yang berbentuk kata kerja yaitu jawaban b) are needed.  Jadi jelaslah bahwa jawabannya adalah b. Necessary (kata sifat), hopefully (kata keterangan/adverb), next month (kata keterangan/adverb). 


Sumber: Longman Preparation Course for the TOEFL Test
Muhammad Ahkam Arifin
Muhammad Ahkam Arifin Muhammad Ahkam Arifin is a Fulbright PhD student at Washington State University, US. He earned a master`s degree in TESOL from the University of Edinburgh & Applied Linguistics from the University of Melbourne.

Posting Komentar untuk "Belajar STRUTCURE / GRAMMAR TOEFL 1"