“Jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus kecuali dari tiga perkara, sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang berdoa kepadanya.” (HR Muslim).

Aug 4, 2011

Jenis-jenis Teks dalam Bahasa Inggris (Genre) untuk SMP dan SMA

Jenis-jenis Teks dalam Bahasa Inggris (Genre) untuk SMP dan SMA

Text dalam bahasa Inggris untuk SMA biasanya dibagi menjadi 13 macam: narrative, recount, descriptive, report, analytical exposition, hortatory exposition, discussion, news item, review, explanation, procedure, anecdote, dan spoof.Untuk SMP biasanya hanya ada 5 yang menjadi materi mereka yaitu: narrative, recount, descriptive, report, dan procedure.

1.      Narrative
Teks Narrative adalah teks yang berisi tentang cerita hayalan, dongeng, ataupun kisah nyata yang telah dilebih-lebihkan. Biasanya ada nilai moral yang bisa dipetik di akhir cerita. Contoh narrative text bisa berupa cerita rakyat, cerita binatang, legenda, mitos, cerita pendek, komik, cerita kartun, dan lain-lain. Tujuan dari narrative text adalah untuk menghibur pembaca. Struktur dari narrative text
umumnya ada 3 yaitu sebagai berikut.
1)      Orientation: berisi pengenalan tokoh, tempat, dan waktu. Orientation berada di awal cerita.
2)      Complication: sebuah masalah yang diangkat yang diikuti oleh masalah-masalah lain. Complication berada di pertengahan cerita.
3)      Resolution: solusi/pemecahan dari masalah. Solusi berada di akhir cerita.

Struktur di atas merupakan struktur dasar dari teks narrative yang umumnya di pakai. Serdangkan bentuk atau struktur yang lainnya bisa berbentuk:
1)      Orientation
2)      Complication
3)      Evaluation:
4)      Resolution atau juga biasa disebut solution
5)      Reorientation: penutup dari cerita
6)      Coda: perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang bisa dipetik dari cerita.
Juga kadang terdapat alur cerita yang pelik dan rumit, sehingga struktur ceritanya bisa berbentuk:
Orientation --> Major Complication --> Resolution --> Complication --> Major Complication
Note: Teks narrative menggunakan PAST TENSE.

2.      Recount
Recount merupakan jenis teks yang melaporkan peristiwa, kejadian, atau kegiatan yang menimpa seseorang, atau berupa pengalaman seseorang. Contohnya bisa berupa diari ataupun biografi seseorang. Tujuan dari recount dalah untuk menceritakan apa yang terjadi pada masa lampau  sesuai dengan urutan waktu. Struktur teks recount, yaitu:
1)      Orientation: berisi tokoh/pelaku, tempat, dan waktu.
2)      Events: menceritakan apa yang terjadi di masa lampau sesuai rangkaian kejadian/peristiwa.

Struktur di atas merupakan struktur dasar dari teks recount yang umumnya di pakai. Sedangkan untuk bentuk atau struktur teks recopunt yang berupa pengalaman pribadi diri sendiri bisa berbentuk:
1)      Orientation
2)      Events
3)      Evaluation: komentar dari si penulis/pembicara mengenai pengalaman yang dia rasakan.
4)      Re-orientaton: kesimpulan dari pengalaman yang dirasakan.
Note: Teks recount menggunakan PAST TENSE.

3.      Descriptive
Teks descriptive merupakan teks yang bertujuan untuk mendiskripsikan sesuatu yang spesifik/khusus: seseorang, binatang, suatu benda, suatu tempat. Struktur dari teks descriptive, yaitu:
1)      Identification:
a.       Berisi nama, pekerjaan, profesi, dan karir (jika objeknya seseorang)
b.      Berisi nama dari tempat yang akan dideskripsikan (jika objeknya suatu tempat)
2)      Description:
a.       Berisi keterangan dari ciri-ciri fisik, cara dia/orang yang dideskribsikan berpakaian, kepribadian si objek. (untuk objek orang)
b.      Berisi kualitas, bagian-bagian, dan karakteristik/ciri-ciri. (untuk objek tempat atau benda)
Note: Teks descriptive menggunakan PRESENT TENSE.



4.      Report
Dalam bahasa Indonesia kita hanya mengenal teks deskripsi untuk menggambarkan sesuatu, sementara dalam bahsa Inggris dibagi menjadi 2 yaitu descriptive (deskripsi) dan report. Jadi, teks report itu gak jauh beda dari teks descriptive. Kedua-duanya sama-sama mendeskripsikan sesuatu. Terus perbedaannya apa donk? So, let me explain it, and you will understand insya allah...
Report juga disebut sebagai laporan hasil pengamatan. Report mendeskribsikan atau memberi informasi tentang sesuatu berdasarkan fakta, hal ini bebeda dengan teks deskripsi yang biasanya berisi pandangan/opini si penulis. Report mendiskripsikan sesuatu secara umum, sementara teks descriptive mendiskripsikan sesuatu secara khusus. Contoh ketika contoh: ada dua teks tentang komputer yitu “Computer” dan “My Own Computer”. Dari dua teks itu tentu berbeda “Computer”: umum/report, sementara “My Own Computer: khusus 1 komputer/descriptive.
Struktur dari teks report, yaitu:
1)      General classification: berisi keterangan objek yang akan dideskripsikan dan klassifikasinya
2)      Description: menjelaskan bagian-bagian , sifat-sifat, kebiasaan.
Note: Teks descriptive menggunakan PRESENT TENSE.


5.      Procedure
Procedure merupakan salah satu teks yang paling muda untuk dibedakan dengan teks-teks yang lain. Kamu punya HP kan? Coba perhatikan di buku panduannya, di dalam buku tersebut pasti ada instruksi-instruksi atau tata cara-tata bagaimana cara menggunakan hp itu. Contoh: instruksi cara mengirimkan pesan, mengambil gambar, dan lain-lain. Tahu juga kan petunjuk bagaimana cara memasak makanan? Yang paling sering yaitu ketika kita bermain game. Pasti ada petunjuknya. Nah dari intruksi (hp), cara memasak makanan, dan petunjuk ketika bemain game itulah yang dikatakan teks procedure. Jadi, teks procedure merupakan teks yang berisi serangkaian instruksi atau petunjuk untuk membantu kita melakukan sesuatu.
Struktur teks procedure, yaitu:
1)      Goal: tujuan.
2)      Materials: bahan-bahan, alat, perlengkapan/peralatan.
3)      Steps: langkah-langkah untu menjapai tujuan dari teks procedure.


Don't Miss



0 comments:

Post a Comment