12 Oct 2012

Cara Terbaik Mencatat Pelajaran dalam Kelas?

Ketika guru sedang menjelaskan dalam kelas, siswa pun mulai mencatat setiap kata atau ide yang disampaikan oleh si guru. Yang menjadi pokok bahasan dalam artikel ini 'Bagaimanakah bentuk metode terbaik dalam mencatat di dalam kelas yang berhasil meraih nilai terbaik ketika ujian nantinya?" Seorang ahli Psikologi bernama A. Wang (1992) menjawab pertanyaan ini dengan menggabungkan  pendekatan behavioristik dan kognitif.

Treatment
A. Wang (1992) dalam penelitiannya membagi siswa ke dalam tiga kelompok yang setiap kelompok menggunakan metode yang berbeda. Metode yang digunakan ad tiga yaitu: review notes, summarize notes, dan answer questions about notes. 
  1. Review Notes
    Metode Review Notes ini paling umum digunakan oleh siswa. Dalam metode ini siswa mencatat pelajaran dalam kelas sebanyak mungkin apa yang dikatakan oleh guru. Kemudian, sebelum ujian siswa me review catatannya dengan harapan mereka telah mencatat pelajaran dengan baik.
  2. Summarize Notes
    Siswa mencatat seperti biasanya hanya saja setelah kelas berakhir siswa menulis sebuah ringkasan terkait materi dengan kata-kata mereka sendiri sesuai isi pelajaran di kelas.
    Siswa diperlihatkan cara mengidentifikasi sebuah ide pokok, dan dengan menggunakan kata-kata mereka sendiri, mereka menulis ide pokok tersebut. Kemudian siswa mengidentifikasi subtopic dan mereka kembali menulis subtopic tersebut menggunakan kata-kata mereka sendiri. Ketika dihubungkan, topic dan subtopic terbentuklah menjadi sebuah ringkasan -yang tadinya ditulis menggunakan kata-kata siswa sendiri. 
  3. Questions about Notes
    Siswa mencatat seperti biasanya hanya saja setelah kelas berakhir siswa diminta untuk menjawab bebeberap pertanyaan terkait materi kelas. Siswa diberi sebanyak 13 pertanyaan umum, seperti: Apa ide pokok dari ... ? Bagaimana kamu akan menggunakan ... untuk ... ? Apa perbedaan antara ... dan .... ? Siswa menjawab semua pertanyaan tersebut sesuai dengan catatan yang telah dicatatnya.
Setelah mempraktekkan salah satu dari ketiga strategi di atas, siswa menonton rekaman video yang membahas tentang suatu materi layaknya di kelas  dan mencatat sesuai dengan strategi mereka (salah satu dari ke tiga strategi di atas). 

Result
Seminggu setelah siswa menyaksikan video tersebut, siswa diberi ujian. Grafik di atas menampilkan bahwa siswa yang menggunakan metode ke tiga (answering questions) mempunyai hasil ujian  lebih baik dibandingkan ke dua metode yang lainnya. Dari hasil ini, A Wing (1992) menyimpulkan bahwa siswa yang mencatat dan kemudian menjawab pertanayaan sesuai catatan mereka menyimpan informasi lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan ke dua metode yang lainnya. 

Don't Miss



comments

0 comments:

Post a Comment