11 Oct 2015

Langkah Daftar Visa UK: Berdasarkan pengalaman pribadi

Langkah Daftar Visa UK: Berdasarkan pengalaman pribadi

Visa UK 
Tulisan ini memuat langkah daftar visa uk (United Kingdom / Inggris) berdasarkan pengalaman pribadi untuk visa sendiri (tanpa dependant/keluarga) tanpa agent dengan sponsor beasiswa. Daftarnya di VFS Global bukan kedutaan UK langsung. Sekiranya dapat menjadi salah satu referensi bagi yang sedang atau berencana mendaftar VISA UK.
*Jenis Visa: Untuk mahasiswa S2 di Inggris. Akan ada sedikit perbedaan dengan mahasiswa S3 biasanya perlu ATAS dan biaya visa/asuransi nampak lebih mahal.

1 langkah awal ialah mempersiapkan dokumen terlebih dahulu. Dokumen yg mesti disiapkan berupa Ijazah, Transkrip, IELTS, akte kelahiran, kartu keluarga, LoA & CAS, pasphoto visa ukuran 3.5 x 4.5 (1 buah), passport, sertifikat bebas TBC, KTP, surat sponsor beasiswa.
https://www.gov.uk/tier-4-general-visa/documents-you-must-provide
  • a. Semua dokumen mesti di-copy 1 lembar yang nantinya diserahkan ke pihak VFS Global. 
  • b. Semua dokumen mesti sudah diterjemahkan. Untuk transkrip dan ijazah bisa pake jasa penerjamhan universitas sendiri (biasanya Pusat Bahasa). Saya sendiri terjemahan sendiri (dapat contohnya dari senior) yang kemudian saya bawa ke fakultas untuk ditandatangani dekan. Untuk akta kelahiran dan kartu keluarga itu pake Sworn Translator. Biaya waktu itu total Rp300.000.
    https://www.gov.uk/government/uploads/system/uploads/attachment_data/file/433858/List_of_Notary_Public_and_Sworn_Translators_2015.pdf 
  • c. CAS (Confirmation of Studies) itu didapatkan setelah dapat LoA. Saya sendiri dulu email langsung ke pihak University cara dapat CAS nya. Nanti akan diberi petunjuk sama pihak university. Insya Allah sangat dibantu oleh pihak university admission. 
  • d. Photo visa itu ada syarat tertentunya. Kalau ke tempat foto, bilang ke tukang fotonya untuk foto visa (https://www.gov.uk/photos-for-passports). 
  • e. tes TBC itu hanya ada di beberapa kota yg telah ditentukan pihak VFS Global https://www.gov.uk/government/publications/tuberculosis-test-for-a-uk-visa-clinics-in-indonesia/tuberculosis-testing-in-indonesia
    Sebelum berangkat mesti buat appointment dulu. Jadi telpon terlebih dahulu pihak RS nya. tanyakan juga persyaratannya. Saya dulu Paspor dan Foto 5x6 latar biru tua. Tanyakan juga berapa hari selesai. Waktu itu saya besok siangnya sudah bisa diambil walau pada awalnya mereka bilang 2 hari tapi saya memohon. Kamu juga bisa memberi alasan bahwa dari luar kota tidak bisa lama di luar kota biaya hidup mahal. 
  • f. Sebelum ke VFS Global dokumen mesti dipisah antara dokumen asli dan fotokopinya.
  • g. KTP tidak perlu diterjemahkan dan yg diserahkan cukup fotokopinya saja.
2 sebelum berangkat tes TBC, sebaiknya daftar online VISA terlebih dahulu. https://www.visa4uk.fco.gov.uk/home/welcome Ada beberapa langkah: (1) Aplikasi (pengisian data), (2) Declaration signed, (3) BRP Collection Location, (4) Book Appointment, (5) IHS payment, (6) Pay for application, dan (7) Print Application
  • a. pengisian aplikasi bisa complete setelah CAS sudah ada dan untuk dapat CAS mesti ada Paspor. 
  • b. BRP itu semacam KTP / surat ijin menetap nanti alamatnya disesuaikan dg tempat tinggal kita dan akan dikirim ke Post Office terdekat. Jadi setiba di UK kita ke post office itu untuk ambil BRP. 
  • c. Book Appointment bisa jadi ketika kita bayar IHS. IHS itu insurance/asuransi kesehatan kita selama di UK. Biaya waktu saya daftar September 2015 itu USD 360,00. 
  • d. Print application nanti bisa dilakukan setelah bayar Visa. Biaya Visa waktu itu ialah USD 515.00. Aplikasinya setelah di-print dibawa ke VFS Global untuk diserahkan. Jadi, semua pendaftaran dilakukan online. Nanti di VFS global aka nada wawancara singkat. 
  • e. Bayarnya pakai kartu kredit (online).
3 saran saya nanti bayar IHS setelah selesai tes TBC nya. Khawatirnya sudah bayar mahal dan tidak lulus TBC. Tapi secara umum insya Allah lulus TBC.

4 pengurusan Visa bisa dilakukan paling cepat 3 bulan sebelum perkuliahn dimulai. Visa normalnya selesai 15 hari. Bisa disuruh kirim ke alamat kita dg biaya tambahan. Bisa selesai 3-5 hari dengan biaya 2.6jt (bayar Cash) di VFS Global.
Bagi yg butuh contoh aplikasi Visa bisa email saya ahkam.arifin@gmail.com

Saya sangat berterimakasih ke teman-teman yang telah berbagi pengalamannya:
  • https://www.facebook.com/notes/fissilmi-hamida/i-finally-did-it-apply-tier-4-student-visa-ke-inggris-tanpa-agent/10153589085123394
  • http://adaninggarseptislittlestrories.blogspot.co.uk/2015/07/mengurus-tier-4-general-student-visa-uk_22.html
  • https://fadhilah23.wordpress.com/2014/06/03/tips-dan-trik-mengurus-visa-tier-4-general-student-uk/
  • dll

Don't Miss



comments

0 comments:

Post a Comment