Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Speaking dalam Bahasa Inggris

Cara Meningkatkan Speaking dalam Bahasa Inggris


Aturan pertama: Selalu Mempelajari dan Me-review Gabungan Kata (phrase) bukan kata per-kata.
Jangan pernah mempelajari kata per-kata. Ketika Anda mendapatkan sebuah kata baru, selalu lah menulis kata tersebut beserta kata lain yang bergandengan (dalam bentuk phrase). Ketika me-review ingatlah selalu untuk me-review phrase buka kata per-kata. Kumpulkan banyak phrase. Speaking dan grammar Anda akan meningkat 4-5 kali lebih cepat. Ingatlah untuk menulis phrase yang lengkap. Jangan pernah lagi menulis kata per kata. Jangan pernah menulis kata per-kata pada notebook Anda   pelajari phrase. Phrase merupakan gabungan kata yang pada dasarnya selalu bersama.

Aturan 2: Jangan Pernah belajar grammar
Berhenti belajar grammar
Berhenti belajar grammar
Mulai sekarang berhentilah. Jauhkanlah buku-buku grammar Anda   Aturan-aturan grammar mengajar Anda untuk berpikir tentang bahasa Inggris, Anda t entunya ingin berbicara bahasa Inggris (speak) tanpa berpikir terkait structure kalimat Anda . Jadi aturan 2; jangan pernah belajar grammar.

Aturan 3: Hal yang Terpenting – Listen first (Mendengar terlebih dahulu)
Aturan apa yang didapatkan oleh Humberto? Simple. Aturannya yaitu listening.
Listening, Listening dan Listening
Anda harus mendengarkan untuk mendapatkan bahasa Inggris yang bias dimnegerti. Anda harus mendengar (listening) setiap hari. Jangan membaca textbook. Listen to English. Sangat sederhana. Inilah kunci sukses untuk bahasa Inggris Anda . Berhentilah membaca textbook mulailah untuk listening setiap hari. Belajarlah melalui pendengaran anda. Bukan melalui mata. Dalam sekolah Anda biasanya Anda  dilatih belajar dengan mata Anda membaca textbook. Anda mempelajari aturan grammar. Habiskan lah waktu Anda untuk listening. Inilah kunci untuk bias speaking dengan baik.

Aturan 4: Pelan-Pelan, Deep Learning Is Best
Rahasia untuk bisa speaking dengan mudah adalah dengan mempelajari setiap kata dan phrase secara mendalam (deeply). Tidaklah cukup jika hanya mengetahui definisi dari sebuah kata. Tidaklah cukup untuk menghafal hanya untuk ujian. Anda harus menyimpan kosakata bahasa Inggris dalam otak anda. Untuk speaking dengan mudah, Anda arus mengulangi berulang-ulang kali setiap pelajaran. Anda harus mempelajari bahasa inggris deeply. Learn deeply, speak easily (belajar secara mendalam, bercakapa dengan mudah). Bagaimana Anda belajar deeply? mudah saja – Anda hanya butuh untuk mengulangi semua pelajaran-pelajaran dan mendengarkan (listen) berulang-ulang kali. Contohnya, jika Anda mempunyai sebuah audio beserta transkrip nya dalam bentuk buku, dengarlah 1 pembahasan (bab 1) sampai 30 kali sebelum Anda melangkah ke pembahasan selanjutnya, Anda harus mendengar (listen) baba 1 tersebut 3 kali sehari, selama 10 hari.

Aturan 5: Gunakan “Point of View Mini-Stories”
Anda dapat belajar grammar secara otomatis dengan mendengar (listen) pada bahasa Inggris yang asli dari native. Cara terbaik yaitu dengan mendengar pada cerita atau audio yang sama.  Diceritakan pada waktu-waktu yang berbeda (point of view): past, past perfect, present, future. Bagaimana Anda menggunakan cara ini? Mudah saja! Carilah sebuah cerita atau artikel yang menggunakan present tense. Begitu pun bentuk tense yang lain: future, perfect tense, dll. Ingat dengarkan berulang-ulang kali. Anda tidak perlu tahu aturan-aturan grammar. Yang Anda perlu lakukan hanya mendengar cerita tersebut dan grammar Anda akan meningkat secara otomatis.

Aturan 6: Gunakan Hanya Pelajaran-pelajaran Bahasa Inggris yang Asli dari Native 
Jika Anda ingin mengerti apa yang dikatakan oleh native dari Amerika, Inggris, Australia, dll, Anda harus menggunakan majalah asli dari negeri berbahasa inggris, artikel + audio, TV, film berbahasa inggris, radio, dan materi-materi lain yang bahasa Inggris nya asli dari native berbahasa inggris luar negeri.

Aturan 7:  Biasa kan Berbicara secara Langsung pada Native 
Biasakan lah menjawab pertanyaan bahasa Inggris sara langsung. Ketika Anda bercakap dengan seorang native atau pun mendengar radio bahasa inggris yang berupa pertanyaan jawablah pertanyaan tersebut secara otomatis, cepat tanpa berpikir. Speaking Anda akan berjalan otomatis. Biasa kan untuk banyak bercakap secara langsung pada seorang native berbahasa inggris.
Muhammad Ahkam Arifin
Muhammad Ahkam Arifin Muhammad Ahkam Arifin is a Fulbright PhD student at Washington State University, US. He earned a master`s degree in TESOL from the University of Edinburgh & Applied Linguistics from the University of Melbourne.

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Speaking dalam Bahasa Inggris"