12 Sep 2012

How can you improve your fluency and accuracy in speaking English?


Which one is more important and more difficult for you in speaking English?
(Yang manakah lebih penting buat kamu "kelancaran atau akurasi"?


Beberapa pelajar bahasa Inggris lebih mengedepankan accuracy dalam speaking. Orang yang masuk dalam kelompok ini biasanya lebih memperhatikan ketepatan penggunaan tata bahasa Inggris (grammar) dan ketepatan kosakata. Ketika speaking mere
ka biasanya selalu khawatir akan membuat kesalahan. Hal ini tentu saja dapat menciptakan rasa kekhawatiran akan berbuat salah terutama dalam penggunaan grammar dan ketepatan penggunaan kosakata. Jika seperti ini terus terjadi tentu saja bukan suatu hal yang mustahil dapat menghambat dalam peningkatan speaking.

Sementara sebagian yang lain lebih mementingkan fluency (kelancaran). Orang yang seperti ini biasanya oarang yang suka untuk terus berbicara. Mereka punya keinginan untuk terus mencoba bahasa yang baru tanpa begitu mempedulikan akan membuat kesalahan (mistake). Hal ini tentu saja membuat mereka fluent dalam speaking. Akan tetapi jika terus-terus berbuat banyak kesalahan, bukan hal yang mustahil juga ketika speaking, ide-ide yang disampaikan para pelajar seperti ini menjadi sulit untuk ditangkap orang lain.


Tips in improving both your fluency and accuracy:
1. Identify your learning style
Untuk bisa meningkatkan fluency dan accuracy secara seiringan, terlebih dahulu kamu harus tahu jenis apa kamu dalam belajar bahasa inggris selama ini -apakah masuk dalam kategori yang takut salah (mementingkan accuracy) atau kamu masuk dalam kategori suka mengambil resiko (
mementingkan fluency). Langkah pertama yang harus kamu lalukan untuk meningkatkan fluency dan accuracy kamu yaitu kamu harus mengenal yang mana lebih mudah bagi kamu, dan kemudian berusahalah untuk mempelajari hal yang sulit.

2. Focus on one area at a time
Identifikasilah kesalahan-kesalahan yang sering kamu lakukan ketika speaking -mungkin saja kamu kurang baik di area 'tense', bentuk pertanyaan, atau mungkin kamu nampak agak lambat dalam berbicara dikarenakan terus mengingat aturan grammar yang benar. Setelah mengetahui kesalahan-kesalahan yang kamu sering lakukan maka berusahalah untuk fokus dalam perbaikan kesalahan tersebut agar tidak lagi terulang. Jika kamu agak lambat dalam berbicara, cobalah untuk fokus dalam menyampaikan ide kamu atau pastikan saja bahwa lawan bicara kamu mengerti apa yang kamu katakan -buang pikiran takut salah. Jika masalah kamu dalam hal 'tense', cobalah untuk membenarkan kesalahan kamu ketika kamu membuat kesalahan penggunaan 'tense' -jangan pikirkan kesalahan lain. Dengan memilih untuk fokus ke satu area kesalahan, kamu pasti bisa mengatasi masalah kamu.

3. Vary your practice
Jika kamu masuk dalam anggota English club, pastikanlah kamu melatih speaking kamu dengan aktifitas yang berbeda. Dengan aktifitas yang berbeda, kamu tentu punya banyak peluang untuk meningkatkan kemampuan fluency dan accuracy kamu secara beriringan. Salah satu metode yang baik untuk meningkatkan fluency yaitu metode diskusi -sepanjang kamu tidak begitu mempedulikan aturan grammar yang dapat membuat kamu lambat dalam speaking!

Don't Miss



comments

0 comments:

Post a Comment