19 Sep 2012

Tips Menghadapi Tes Listening TOEFL Part A


Yesterday, we learned general tips for the three sections of Listening Comprehension. At the moment, we will learn tips for Part A.


Untuk setiap 30 soal pada sesi Listening part A tes TOEFL, kamu akan mendengar sebuah percakapan pendek antara dua orang pembicara (speaker) diikuti dengan satu soal. Setelah mendengar percakapan (conversation) beserta soal, kamu harus   memilih jawaban yang tepat yang ada di buku tes kamu. Conversation beserta soal tidak tertulis di buku tes, hanya pilihan jawaban yang dicantumkan di buku tes.

Example:
Dalam recording, kamu mendengar:

(man)             I've always wanted to visit Hawaii with you.
(Woman)       Why not next month?
(narrator)       What does the woman mean?

Di buku tes kamu, kamu melihat:
(A) Next month isn't good time for the trip.
(B) She doesn't want to go to Hawaii.
(C) She's curious about why he doesn't want to go

Jawaban (C) adalah jawaban yang paling tepat. Kalimat Why not next month? merupakan bentuk kalimat suggestion (saran) untuk melakukan trip mengunjungi Hawaii bulan depan. Kata 'Why not' merupakan salah satu bentuk expressions of suggestions. 

Beberapa strategi menghadapi Listening Part A:
  1. Ketika kamu mendengar setiap conversation, fokuslah ke baris ke dua dari percakapan yang kamu dengarkan. Jawaban dari pertanyaan umumnya ditemukan di baris yang ke dua.
  2. Teruslah ingat bahwa jawaban yang benar kemungkinan restatement (pernyataan ulang) dari kata kunci atau ide yang terdapat di baris kedua pada percakapan.
  3. Teruslah ingat bahwa expression (ungkapan) dan structure tertentu diujikan secara reguler dalam tes Listening Part A.
  4. Teruslah ingat bahwa bentuk pertanyaan umumnya dari mudah ke sulit. Hal ini berarti pertanyaan no 1-5 akan menjadi petanyaan termudah, dan pertanyaan 26-30 akan menjadi tersulit.
  5. Bacalah pilihan jawaban dan pilih jawaban yang paling tepat. Jangan pernah kosongkan jawaban walau kamu tak yakin akan pilihan kamu karena tidak ada pengurangan nilai walau salah.
  6. Bahkan jika kamu tidak mengerti maksud dari percakapan secara utuh, kamu bisa mendapatkan jawaban yang tepat.
    - Jika kamu hanya mendengar atau menangkap baris ke dua dari conversation, pilihlah jawaban yang berisi sebuah pernyataan ulang (restatement) dari kata atau ide baris ke dua tersebut. Bukan yang bunyinya atau penyebutan katanya mirip.
    - Jika kamu tidak mengerti sama sekali, pilihlah jawaban yang kedengarannya atau penyebutan katanya paling berbeda dari yang kamu dengar.
    - Jangan pernah memilih jawaban yang karena kedengaran bunyinya sama dengan yang kamu dengar dari percakapan.
    (Original source: Longman TOEFL)

Don't Miss



comments

0 comments:

Post a Comment