18 Sep 2012

Pentingnya menggerakkan badan dalam belajar bahasa Inggris


Langkah pertama dalam menguasai English speaking adalah menguasai tubuh dan emosi kamu. Mungkin statement ini agak aneh. Kenapa harus menggunakan tubuh dalam belajar bahasa Inggris?

Alasannya sederhana, dengan menggunakan tubuh dan emosi, kamu dapat mempelajari bahasa Inggris 4-5 kali lebih cepat. Seorang ahli pengajaran bahasa bernama Dr. James Asher pernah meneliti peran tubuh dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dia menemukan sesuatu yang cukup membuatnya terkagum -para pelajar -yang menggerakkan tubuh mereka dalam kelas- belajar 4-5 kali lebih cepat dibanding siswa yang duduk diam selama pembelajaran berlangsung.

Dr. Asher mengembangkan sebuah program pengajaran yang secara keseluruhan menggunakan gerakan yang dikenal "Total Physical Response." Dalam program ini, para siswa selelu menggerakkan tubuh mereka dalam belajar bahasa Inggris. Spesifiknya bahwa para siswa membuat gerakan atau perpindahan yang berhubungan dengan bahasa yang mereka dengar.

Sebagai contoh, ketika guru mengatakan "walk" maka siswa menggerakkan kaki mereka dan berjalan. Jika guru mengatakan "hungry" siswa menggosok-gosok perut mereka. Untuk tingkatan pelajar yang masih pemula, siswa selalu bergerak hampir untuk setiap kalimat yang didengar. Nantinya, ketika para siswa telah mencapai level intermediate dan advanced, para siswa hanya fokus ke kalimat yang baru atau yang sulit.

Dengan mengkombinasikan gerak fisik (physical movement), kamu memberikan tekanan materi bahasa Inggris jauh ke dalam otak kamu. Kamu mengingat vocabulary lebih cepat dan tidak akan pernah melupakannya. Kamu mengingat aturan grammar yang benar -bahkan walaupun kamu tidak pernah belajar grammar. Gerak tubuh merupakan kunci untuk pembelajaran yang cepat dan memory yang panjang.

Jadi, ketika kamu mendengar pelajaran-pelajaran bahasa Inggris, identifikasilah kalimat-kalimat yang susah. Ciptakanlah sebuah gerak tubuh yang dapat mengingatkan kamu akan maknanya. Then, setiap kali kamu mendengar kalimat tersebut, bergeraklah dengan gerakan tadi yang kamu buat. Ketika kamu melakukan gerakan, bergeraklah dengan penuh semangat. Gunakan semua badan kamu dan gunakan energi yang banyak.

Posisi tubuh  juga merupakan hal yang penting dalam penggunaan tubuh dan penguasaan emosi. Telah dikatakan dan dianggap sebgai sebuah fakta bahwa kamu dapat belajar lebih cepat dan mengingat dengan lebih baik ketika kamu mempunyai posisi tubuh yang baik -meluruskan kepala (pandangan) kamu, agak membusungkan dada, bahu agak kebelakang, dan badanmu kuat dan seimbang. ,

Sebaliknya, ketika kamu agak menunduk ke bawah dan membiarkan bahu jatuh, energi kamu juga akan berkurang dan kamu akan belajar lebih lambat. Olehnya, tetaplah untuk agak membusungkan dada, bahu agak ke belakang, dan kepala kamu lurus ke depan ketika kamu belajar bahasa Inggris. Hal ini sederhana tapi sangat penting.

Akhir kata, ada satu rahasia sederhana tapi super dalam hal meningkatkan energi emosi kamu ketika sedang belajar yaitu SMILE ^_^. Perlu diketahui bahwa kamu bahwa kemampuan belajar lebih meningkat ketika kamu tersenyum dan menurun ketika kamu berkerut! Senyum mengubah tubuh dan emosi dan meningkatkan energi. Kamu pun menjadi lebih alert (lebih mampu fokus, lebih mampu memperhatikan pembelajaran). Otak menjadi lebih terbuka. So, tersenyumlah selalu ketika sedang belajar bahasa Inggris. Senyumlah dengan senyuman lebar sepanjang kelas agar pembelajaran lebih maksimal. 

Don't Miss



comments

1 comments:

Belajar Bahasa Inggris said...

Senang bisa baca artikel di sinil. Keep posting

Post a Comment