13 Sep 2012

Facebook untuk Pembelajaran kelas yang Efektif



Guru? Ayo Gunakan Facebook Untuk Pembelajaran Efektif

Dewasa ini banyak guru menggunakan Facebook hanya untuk tujuan sosial termasuk silaturrahmi ke sahabat-sahabat mereka, TAPI tahukah Anda bahwa Facebook dapat sangat berguna dalam pembelajaran kelas yang efektif? 

Telah diteorikan bahwa salah satu jalan yang excellent untuk memastikan siswa lebih aktif  dalam mengikuti pengalaman pembelajaran yaitu dengan menguatkan hubungan komunikasi antara siswa ke siswa lainnya dan antara siswa ke guru. Untuk menciptakan hubungan ini dapat dibentuk melalui jaringan Facebook. Terlebih siswa  lebih banyak aktif dan lebih nyaman dalam berkomunikasi melalui Facebook. Di bawah ini  akan diuraikan beberapa tips dalam memanfaatkan Facebook untuk tujuan pembelajaran yang efektif. 

  1. Create a group: buatlah sebuah group di Facebook khusus untuk kelas Anda. Direkomendasikan untuk menggunakan akun yang berbeda: satu khusus untuk hubungan siswa satu untuk hubungan ke sahabat secara umum agar sifat profesionalisme Anda sebagai guru tetap terjaga di sekolah.
  2. Schedule events: melalui group facebook yang Anda telah bentuk, Anda dapat membuat atau mengatur jadwal untuk seluruh kelas.
  3. Share multimedia: di Facebook sangat mudah untuk saling berbagi video, foto dan yang lainnya termasuk file dalam bentuk word ataupun pdf.
  4. Send messages: bukan hal yang sulit untuk mengirim pesan melalui akun facebook.
  5. Post note class: setelah pembelajaran Anda di kelas ada baiknya memposting materi ajar Anda di group agar semua siwa dapat mereview nya kembali terlebih lagi buat siswa yang absent.
  6. Provide direct communication: guru dan siwa dapat saling kontak satu sama lain melalui Facebook. Dengan hubungan ini dapat sangat membantu dalam keefektifan hubungan komunikasi.
  7. Allow shy students a way to communicate: siswa pemalu biasanya jarang dekat dengan gurunya di luar kelas. Dengan adanya Facebook para siswa sepeti ini akan merasa lebih enjoy untuk berkomunikasi dengan gurunya.
  8.  Make announcements: guru dapat mengirimkan pengumuman terhadap ke semua siswa baik itu baik itu untuk mengingatkan akan tes atau ujian yag akan dilaksanakannya maupun bentuk pengumuman lainya.
  9. Brinstorm: dengan group di Facebook para siswa dapat menyampaikan ide-ide mereka ke seluruh kelas kapan saja. Dengan begitu akan sangat mudah terciptanya brainstorming (saling bertukaran pikiran antara para siswa  ke siswa lainnya dan antara siswa ke guru).
  10. Share interesting pictures, videos, and websites: guru dapat menyarankan website-website yang dapat berguna bagi siswa sebagai referensi terkait pelajaran.
  11. Post homework: melalui group Facebook guru dapat memposting tugas untuk siswa. Hal ini dapt memastikan secara langsung bentuk tugas yang diberikan termasuk due date nya (batas pengumpulan).
    (Original Source: KangGURU Indonesia)

Don't Miss



comments

0 comments:

Post a Comment