8 Sep 2012

Cara untuk percaya diri dalam speaking


How can you sound confident while speaking English?

1. Practice often

Sudah bukan rahasia lagi bahwa 'semakin sering dilatih maka semakin baik speaking kamu.' Practice makes perfect. Cobalah untuk mencari tempat di mana kamu mendapat peluang untuk terus melatih speaking kamu. Misal: berbicara kepada native -baik itu secara langsung maupun melalui chatting/video calling-, gabunglah kepada klub bahasa Inggris yang mengutamakan peningkatan speaking.

2. Relax and think about the message

Kurangnya kepercayaan diri (confidence) dalam speaking umumnya disebabkan takutnya salah oleh grammar. Padahal speaking oleh native pun jika dilihat dari segi keformalan atau kebenaran English grammar (tata bahasa Inggris) akan banyak ditemukan ketidaksesuaian . APA YANG KAMU INGIN SAMPAIKAN BIASANYA LEBIH PENTING DARI PADA BAGAIMANA MENYAMPAIKANNYA. Carilah topik yang menarik untuk kamu bahas agar ide terus berjalan (banyak hal yang ingin kamu ceritakan). Dengan banyaknya ide maka speaking akan lebih terasa menarik.

3. Rehearse what you want to say

Jika mersa nervous (less confident) maka rehearse (latih) lah apa yang kamu inginkan beberapa kali ke dirimu sendiri. Perencanaan dan rehearsal (pelatihan) akan sangat membantu dalam meningkatkan kepercayaan speaking kamu. Tapi perhatikan listener kamu. Cobalah untuk membaca apa yang akan mereka katakan dalam merespon.

Don't Miss



comments

0 comments:

Post a Comment